Manfaat Bibit Mangroove untuk Kehidupan

Product Information

Hutan mangroove atau bakau terdiri dari bibit mangroove yang dikembangkan menjadi hutan di sekitar pinggiran pantai. Hutan ini tumbuh di air payau yang dipengaruhi oleh adanya pasang surut air laut juga air sungai dekat muara. Pertumbuhan mangroove dipengaruhi oleh lumpur dan tanah organik dimana mangroove akan tumbuh subur di sekitaran teluk atau di daerah dekat dengan muara dimana air sungai mulai melambat dan mengendapkan lumpur yang berasal dari aliran sungai mulai dari hulu.

Karena adanya prosss pelumpuran maka ekosistem mangroove akan mampu menangkal abrasi tanah juga salinitas tanah yang tinggi. Penggenangan akan diganti airnya melalui pasangnya air laut dimana hanya sedikit saja tanaman yang mampu bertahan di tempat seperti itu. Hanya tanaman khas saja yang bisa bertahan karena sudah mengalami adaptasi atau evolusi yang cukup panjang demi mmepertahankan kehidupan mereka. Hampir semua mangroove mempunyai biji atau buah yang bisa mengapung supaya bisa mengembang biakan spesiesnya menjadi lebih banyak dengan tersebar karena mengikuti arus air.

Dan yang paling istimewanya, karena tidak memungkinkan untuk berkembang di tanah payau maka bibit mangroove mangroove bersifat vivipar yaitu biji akan berkevlcambah terlebih dahulu sebelum akhirnya jatuh dari pohonnya. Penanaman pohon mangroove dilakukan di pinggir pantai pantai karena semakin hari banyak daratan yang terkikis ombak karena peninggian air laut akibat global warming.

468 ad